BAB
IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas III SD Negeri ..... tahun ajaran 2013/2014 di semester II dengan jumlah siswa
sebanyak 20
orang.
Pelaksanaan tindakan ini bertujuan untuk memperbaiki dan
meningkatkan hasil belajar IPA. Dalam pelaksanaannya tindakan dibagi dalam 2
siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan.
A.
HASIL
PENELITIAN
1.
Siklus
I
Pada
tahap ini dipaparkan proses pembelajarn dengan menggunakan media audio visual
dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi
pembelajaran Tentang sifat-sifat benda.
a.
Perencanaan
Siklus I
Penggunaan pendekatan dalam pembelajaran IPA
diwujudkan dalam bentuk Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana
Pelaksanaa Pembelajaran disusun untuk satu
kali
pertemuan yaitu 2 x 35
menit.
b.
Pelaksanaan
Siklus I
Pelaksanaan
pembelajaran
Tentang sifat-sifat benda di SD .....
yang berlangsung selama 2 x 35 menit.
c.
Pengamatan
Siklus I
Pada tahap ini dijelaskan
hasil pengamatan yang dilakukan pengamat terhadap tindakan yang telah dilakukan oleh guru selama
pembelajaran berlangsung di
pertemuan pertama dan kedua pada siklus ini.
d.
Refleksi
Kegiatan refleksi
dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan observer disetiap akhir dari proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil kolabotratif menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual sudah
terlaksana sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran
yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
2.
Siklus
II
a.
Perencanaan
Siklus II
Penggunaan pendekatan
dalam pembelajaran
IPA diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana disusun
untuk satu kali prtemuan yaitu 2
x 35 menit.
e.
Perencanaan
Tindakan Siklus II
Pelaksanaan
pembelajaran
Tentang sifat-sifat benda di SD .....
yang berlangsung selama 2 x 35 menit.
b.
Pengamatan
Siklus II
Pada
tahapan ini dijelaskan hasil dari pengamatan yang
dilakukan oleh guru
kelas yang dibantu teman
sejawat terhadap proses dari pembelajaran yang dilaksanakan
peneliti dapat dikemukakan sebagai berikut,
yaitu :
1. Hasil
Pengamatan terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2. Hasil
Pengamatan Terhadap pelaksanaan pembelajaran
a. Hasil
pengamatan terhadap guru
b. Hasil
pengamatan terhadap siswa
c. Keberhasilan
siswa pada siklus II
c.
Refleksi
Kegiatan refleksi
dilakukan secara kolaboratisi
antara peneliti dengan observer disetiap proses
pembelajaran berakhir. Berdasarkan hasil dari kolaborasi menunjukkan
bahwa pembelajaran Tentang sifat-sifat benda
dengan penggunaan media audio visual sudah berhasil dilakukan.
3.
PEMBAHASAN
Pada
bagian ini dilakukan pembahassan hasil penelitian tenatng peningkatan hasil
belajar IPA menggunakan media audio
visual . Pembahasan didasarkan pada teori yang
berkaitan dengan langkah-langkah pelaksanaan pendekatan Kontekstual Teaching
and Learning, yang terdiri dari 7 komponen yaitu : (1) konsruktivisme, (2)
inkuiri, (3) bertanya, (4) masyarakat belajar, (5) pemodelan, (6) refleksi, dan
(7) penilaian yang sebenarnya.
1.
Pembahasan
siklus I
a.
Bentuk
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA
b.
Pelaksanaan
Pembelajarn IPA dengan menggunakan media audio visual
c.
Hasil
Belajar Siswa
Untuk memperoleh hasil
belajar siswa, terlebih dahulu dilaksanakan penelitian terhadap aspek kognitif,
afektif dan prikomotor. Sejalan dengan pendapat Bloom (dalam Nasution 1998:123)
menyatakan hasil belajar dapat digolonhkan kedalam tiga ranah yaitu ranah
pengetahuan (kognitif), ranah sikap (afektif), dan ranah keterampilan
(psikomotor).
2.
Pembahasan
siklus II
a.
Bentuk
Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) IPA
Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) ini dirancang berdasarkan langkah-langkah
pembelajaran dengan menggunakan media
audio visual. RPP disusun berdasarkan program
semester sesuai dengan waktu penelitian yang akan dilaksanakan. standar
Kompetensi pembelajarannya adalah memahami beragam sifat dan perubahan wujud
benda serta berbagai cara penggunaaan benda berdasarkan sifatnya, dengan
kompetensi dasar mengidentifikasi Tentang sifat-sifat benda.
b.
Pelaksanaan
Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Audio Visual
c.
Hasil
Belajar Siswa
Hasil belajar diperoleh dengan pengadaan tes dan lembar observasi untuk
mengetahui pengetahuan (kognitif), ranah sikap
(afektif), dan ranah keterampilan (psikomotor).
No comments:
Post a Comment