Sunday, June 16, 2013

Contoh Bab 4 PTK



BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


            Penelitian ini dilaksanakan pada kelas III SD Negeri ..... tahun ajaran 2013/2014 di semester II dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang.
            Pelaksanaan tindakan ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar IPA. Dalam pelaksanaannya tindakan dibagi dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan.

A.    HASIL PENELITIAN
1.      Siklus I
Pada tahap ini dipaparkan proses pembelajarn dengan menggunakan media audio visual dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Tentang sifat-sifat benda.

a.      Perencanaan Siklus I
Penggunaan pendekatan dalam pembelajaran IPA diwujudkan dalam bentuk Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaa Pembelajaran disusun untuk satu kali pertemuan yaitu 2 x 35 menit.
b.      Pelaksanaan Siklus I
Pelaksanaan pembelajaran Tentang sifat-sifat benda di SD ..... yang berlangsung selama 2 x 35 menit.
c.       Pengamatan Siklus I
Pada tahap ini dijelaskan hasil pengamatan yang dilakukan pengamat terhadap tindakan yang telah dilakukan oleh guru selama pembelajaran berlangsung di pertemuan pertama dan kedua pada siklus ini.
d.      Refleksi
Kegiatan refleksi dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan observer disetiap akhir dari proses pembelajaran. Berdasarkan hasil kolabotratif menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual sudah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
2.      Siklus II
a.      Perencanaan Siklus II
Penggunaan pendekatan dalam pembelajaran IPA diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana disusun untuk satu kali prtemuan yaitu 2 x 35 menit.
e.       Perencanaan Tindakan Siklus II
Pelaksanaan pembelajaran Tentang sifat-sifat benda di SD ..... yang berlangsung selama 2 x 35 menit.
b.      Pengamatan Siklus II
Pada tahapan ini dijelaskan hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh guru kelas yang dibantu teman sejawat terhadap proses dari pembelajaran yang dilaksanakan peneliti dapat dikemukakan sebagai berikut, yaitu :
1.      Hasil Pengamatan terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.      Hasil Pengamatan Terhadap pelaksanaan pembelajaran
a.       Hasil pengamatan terhadap guru
b.      Hasil pengamatan terhadap siswa
c.       Keberhasilan siswa pada siklus II
c.       Refleksi
Kegiatan refleksi dilakukan secara kolaboratisi antara peneliti dengan observer disetiap proses pembelajaran berakhir. Berdasarkan hasil dari kolaborasi menunjukkan bahwa pembelajaran Tentang sifat-sifat benda dengan penggunaan media audio visual sudah berhasil dilakukan.

3.      PEMBAHASAN
Pada bagian ini dilakukan pembahassan hasil penelitian tenatng peningkatan hasil belajar IPA menggunakan media audio visual . Pembahasan didasarkan pada teori yang berkaitan dengan langkah-langkah pelaksanaan pendekatan Kontekstual Teaching and Learning, yang terdiri dari 7 komponen yaitu : (1) konsruktivisme, (2) inkuiri, (3) bertanya, (4) masyarakat belajar, (5) pemodelan, (6) refleksi, dan (7) penilaian yang sebenarnya.
1.      Pembahasan siklus I
a.      Bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA
b.      Pelaksanaan Pembelajarn IPA dengan menggunakan media audio visual
c.       Hasil Belajar Siswa
Untuk memperoleh hasil belajar siswa, terlebih dahulu dilaksanakan penelitian terhadap aspek kognitif, afektif dan prikomotor. Sejalan dengan pendapat Bloom (dalam Nasution 1998:123) menyatakan hasil belajar dapat digolonhkan kedalam tiga ranah yaitu ranah pengetahuan (kognitif), ranah sikap (afektif), dan ranah keterampilan (psikomotor).
2.      Pembahasan siklus II
a.      Bentuk Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) IPA
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ini dirancang berdasarkan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. RPP disusun berdasarkan program semester sesuai dengan waktu penelitian yang akan dilaksanakan. standar Kompetensi pembelajarannya adalah memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaaan benda berdasarkan sifatnya, dengan kompetensi dasar mengidentifikasi Tentang sifat-sifat benda.

b.      Pelaksanaan Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media Audio Visual
c.       Hasil Belajar Siswa
Hasil belajar diperoleh dengan pengadaan tes dan lembar observasi untuk mengetahui pengetahuan (kognitif), ranah sikap (afektif), dan ranah keterampilan (psikomotor).

No comments:

Post a Comment